Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Contoh Dari Berita Faktual

Contoh dari berita faktual

Jawaban 1:

Pemerintah Indonesia mengucurkan dana sebesar Rp 1,5 triliun untuk mengatasi dampak semburan lumpur Lapindo yang telah menenggelamkan beberapa desa di Porong, Sidoarjo.Dana milik rakyat itu digunakan untuk membiayai operasional Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS). “BPLS merupakan badan yang dibentuk pemerintah yang bertugas menangani upaya penanggulangan semburan lumpur, luapan lumpur, serta menangani masalah sosial dan infrastruktur akibat luapan lumpur di Sidoarjo. Untuk melaksanakan tugasnya, BPLS dibiayai APBN, di mana untuk Tahun Anggaran 2012 ditetapkan sebesar Rp 1,5 triliun,” ujar Dirjen Anggaran Kemenkeu Harry Purnomo di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Selasa (24/7/2012).Herry menuturkan, dana Rp 1,5 triliun tersebut akan digunakan untuk membayar ganti rugi korban semburan lumpur di luar peta area terdampak dengan cara pembelian tanah. Menurutnya, di dalam Pasal 18 UU APBN-P 2012 ditetapkan bahwa alokasi dana pada BPLS dapat digunakan untuk pelunasan pembayaran pembelian tanah dan bangunan di luar peta area terdampak pada tiga desa, yakni Desa Besuki, Desa Kedungcangkring, dan Desa Pejarakan.Di bagian lain, saat dihubungi seusai persidangan, kuasa hukum pemohon uji materi Pasal 18 UU APBNP Tahun 2012, Taufik Budiman, menilai bahwa semburan lumpur Lapindo merupakan peristiwa yang disebabkan oleh kelalaian perusahaan keluarga Bakrie dalam melakukan pengeboran. Dirinya menuturkan bahwa persoalan lumpur Lapindo bukan termasuk dalam persoalan yang disebabkan bencana alam.Menurut analisis Taufik, kerugian yang diakibatkan oleh semburan lumpur Lapindo seharusnya ditanggung secara personal oleh PT Lapindo Brantas yang dimiliki Aburizal Bakrie.“Lapindo atau keluarga Bakrie harus merogoh koceknya sendiri. Jadi, mereka tidak bisa menggunakan uang rakyat. Itu kan tidak adil jika uang rakyat Rp 1 triliun lebih dipakai untuk menyubsidi Lapindo atau Bakrie sehingga tanggung jawab mereka dalam membayar ganti rugi untuk warga korban Lapindo diringankan,” tegasnya.

Jawaban 2:

aku kirim di pesan aja ya...


Pertanyaan Terkait

Kak ada yg tau gak teks eksplanasi tentang erosi???

Jawaban 1:

Teks eksplanasi itu adalah penggambaran terhadap suatu peristiwa, mirip mirip dengan deskriptif, maaf cuma memberi penjelasan


Jadi aku disuruh buat teks eksposisi tentang mandiri pangan dari pekarangan pas aku cari diinternet gak ada sedangkan guru aku mintanya dari internet tolong bantu dong

Jawaban 1:

Dengan berbagai teknologi intensiļ¬kasi sederhana, pekarangan dapat menjadi sumber bahan pokok makanan seperti beras, sayur-mayur, dan ikan. Dengan kegiatan ini, kebutuhan masyarakat akan makanan pokok yang bernilai gizi tinggi diharapkan dapat terpenuhi. Alasan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber bahan makanan pokok adalah sebagai berikut.

  Pertama, aneka tanaman sayur-mayur, seperi kacang panjang, cabai, kangkung darat, dan terong, misalnya, dapat ditanam di media selain tanah. Khusus untuk kangkung darat dapat dibudidayakan di bumbung bambu yang disulap menjadi semacam pot.  Tanaman terong, kencur, dan jahe, dapat dibudidayakan di media kantong plastik dan pot. Sementara itu, sumber karbohidrat, seperti jagung, ketela pohon, ubi jalar dapat ditanam di pekarangan. Untuk pencukupan pupuk, kotoran ternak kambing dan sapi yang menjadi piaraannya dapat dimanfaatkan untuk pupuk alami.Selanjutnya, untuk sumber protein lain, pekarangan juga bisa dimanfaatkan menjadi kolam ikan yang mudah dipelihara, seperti lele, mujair, kakap.

Di samping sebagai makanan sehari-hari, ikan itu bisa juga dijual ke masyarakat untuk meningkatkan penghasilan. Melalui pembimbingan teknologi tepat guna, hasil panen itu dapat diolah menjadi aneka jenis komoditas pangan olahan skala rumah tangga. Ubi singkong dan pisang, misalnya, dapat diolah menjadi keripik dan juga dapat diolah menjadi bermacam-macam produk jajanan.  Dengan demikian, pekarangan dengan sedikit sentuhan teknologi tepat guna dapat mewujudkan kecukupan pangan masyarakat


Tolong buatkan saya teks eksplanasi

Jawaban 1:

Gunungg meletus adalah gunung api atau gunung yang masih aktif yang memuntahkan magma, lava, atau lahar. Biasanya gunung meletus juga menyemburkan batuan-batuan besar maupun kerikil beserta dengan gas atau asap berbahaya. Setelah terjadi gunung meletus tanah yang dilewati oleh lahar akan menjadi subur karena lahar mengandung unsur hara dan mineral yang baik untuk tanah..

Jawaban 2:

Eksplanasi adalah teks yang menjelaskan hubungan logis dari beberapa peristiwa. pada teks eksplanasi, sebuah peristiwa timbul karena ada peristiwa lain sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa yang lain lagi sesudahnya. struktur teksnya adalah pernyataan umum, urutan alasan logis.


Teks eksplanasi tentang gempa bumi

Jawaban 1:

pernyataan umum :
Gempa bumi adalah getaran atau goncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. Peristiwa alam itu sering terjadi di daerah yang berada dekat dengan gunung berapi dan juga di daerah yang dikelilingi lautan luas.

Deretan penjelasan :
Gempa bumi terjadi karena pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan gunung yang dahsyat. Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang begitu hebat. Oleh karena itu, akibat yang ditimbulkan sangat luar biasa. Getaran gempa bumi sangat kuat dan merambat ke segala arah sehingga dapat menghancurkan bangunan dan menimbulkan korban jiwa. Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat dibgolongkan menjadi dua, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi genting atau lunak sehingga mengalami pergerakan. Teori "Tektonik Plate" berisi penjelasan bahwa bumi kita ini terdiri atas beberapa lapisan batuan. Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung di lapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini bergerak sangat perlahan sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu dengan yang lainnya. Itulah sebabnya mengapa gempa bumi terjadi. Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi karena adanya letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi dibandingkan dengan gempa tektonik.

Interpretasi :
Gempa dapat terjadi kapan saja, tanpa mengenal musim. Meskipun demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja, seperti pada batas Plat Pasifik. Tempat ini dikenal dengan lingkaran api karena banyaknya gunung berapi. 


Apa yang dimaksud dengan diagram ?

Jawaban 1:

Diagram adalah sebuah tabel atau lingkaran yang berisi jumlah suatu objek

Jawaban 2:

Sebuah tabel atau lingkaran yang menyatakan jumlah


Contoh kalimat yang menggunakan kata ganti

Jawaban 1:

Contohnya ayah membeli mobil xenia dan ia juga membeli mobil sport
ibu membeli kursi.dan juga ibu membeli meja
nina membeli permen rasa stowbery dan juga nina membeli permen rasa coklat

Jawaban 2:

Vinka membeli buku ensiklopedia.Ia juga membelu buku cerpen


Contoh novel tentang alam

Jawaban 1:

Nih aku pernah punya namanya Susur Gua. nyeritain tentang perjalanan di Gua

Jawaban 2:

Novel tentang alam ialah: ranah 3 warna

moga bermanfaat..


Apa amanat cerpen "Kupu-Kupu Ibu

Jawaban 1:

Apabila kita menceritakan seseorang, kita haruslah mengatakan apa adanya, jika orang itu memang bersifat baik, katakan saja bahwa orang itu memang bersifat baik. Jika tidak mengatakan apa adanya, kita akan merugikan orang yang diceritakan dan orang yang diceritai, orang yang kita ceritai tersebut pasti akan berprasangka buruk terhadap orang yang diceritakan.


Ciri Ciri teks eksplanasi , dan strukturnya

Jawaban 1:

Ciri-cirinya tuh..... 
Memiliki struktur teks berupa : pernyataan umum, deretan penjelasan, dan interpretasi.
memuat informasi berdasarkan fakta
dan memuat informasi yang bersifat ke-ilmuan


Apakah yang dimaksud dengan kata kerja aksi dan berikan contoh-contoh nya ?  

Jawaban 1:

Kata kerja yang digunakan untuk menunjukan bahwa subjek tidak bertanggung jawab langsung terhadap aksi yang terjadi
maaf kalau salah

Jawaban 2:

suatu pekerjaan yang dilakukan oleh setiap orang di mana selain untuk menghasilkan uang namun juga untuk menghasilkan hasil yang maksimal tentunya dengan aksi kita.

gerakan.tindakan.sikap