Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Bagaimana Struktur Dan Penjelasan Kalimat Baku Dan Tidak Baku

Bagaimana struktur dan penjelasan kalimat baku dan tidak baku

Jawaban 1:

Kata baku adalah kata yang digunakan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang telah ditentukan. sebagai sumber utama bahasa baku adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kata baku digunakan dalam kalimat resmi, baik lisan maupun tertulis dengan pengungkapan gagasan secara tepat.
Penggunaan kata baku
1)    Surat menyurat antarlembaga
2)    Karangan ilmiah
3)    Lamaran pekerjaan
4)    Surat keputusan
5)    Perundangan
6)    Nota dinas
7)    Rapat dinas
8)    Pidato resmi
9)    Diskusi
10)    Penyampaian pendidikan
11)    Dan lain sebagainya. Kata tidak baku adalah kata yang digunakan tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang ditentukan. kata tidak baku digunakan dalam bahasa percakapan sehari-hari, atau bahasa tutur. Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya kata atau bahasa yang tidak baku, yaitu sebagai berikut:
1)    Pemakai bahasa tidak mengetahui bentuk penulisan dari kata-kata yang dimaksud
2)    Pemakai terpengaruh oleh orang yang biasa menggunakan kata tidak baku
3)    Pemakai bahasa tidak baku akan selalu ada karena tidak mau memperbaiki kesalahannya sendiri. Berikut ini contoh kata baku dan kata tidak baku
Kata tidak baku: apotik, pitnah, silahkan, nasehat, metoda, telor, nopember, anggauta, lembab, cinderamata, langganan.
Kata baku: apotek, fitnah, silakan, nasihat, metode, telur, november, anggota, lembap, cenderamata, pelanggan.

Jawaban 2:

Kata baku : kata yang sudah disepakati
tidak baku : kata sehari-hari / tidak disepakati


Pertanyaan Terkait

Contoh teks prosedur tentang lingkungan 

Jawaban 1:

"Langkah-Langkah Membuat Poster Menjaga Alam"
Alat dan Bahan:Karton berukuran A3KomputerSoftware Adobe PhotoshopFile gambar: reduce, reuse, recyclePrinterGuntingLemPitaGlitterKancingLangkah-Langkah:Pertama, nyalakan komputer.Lalu, buka software Adobe Photoshop.Setelah itu, klik File>New, pilih ukuran kertas menjadi A4 dan klik OK.Klik ikon teks atau tekan Ctrl+F dengan keyboard.Pada lembar kerja, ketik "How To Save Nature? With 3R: Reduce, Reuse, Recycle."Lalu, klik File>Save As, pilih format gambar JPG atau JPEG. Klik Save.Selanjutnya, nyalakan printer dan masukkan kertas A4.Cetak gambar reduce, reuse, recycle, dan juga teks yang sudah diketik tadi.Sesudah itu, gunting hasil yang sudah dicetak tadi.Selanjutnya, tempelkan gambar dan teks yang sudah digunting dengan menggunakan lem pada karton A3.Terakhir, hiaslah dengan pita, glitter, dan kancing dengan sesuka hati.Selesai.

Semoga bermanfaat. :) ^.^


Sebutkan pengertian dari puisi ?

Jawaban 1:

puisi merupakan ungkapan perasaan atau pikiran penyairnya dalam satu bentuk ciptaan yang utuh dan menyatu

Jawaban 2:

Puisi (dari bahasa Yunani kuno: ποιέω/ποιῶ (poiéo/poió) = I create) adalah seni tertulis di mana bahasa digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain arti semantiknya.Penekanan pada segi estetik suatu bahasa dan penggunaan sengaja pengulangan, meter dan rima adalah yang membedakan puisi dari prosa. Namun perbedaan ini masih diperdebatkan. Beberapa ahli modern memiliki pendekatan dengan mendefinisikan puisi tidak sebagai jenis literatur tapi sebagai perwujudan imajinasi manusia, yang menjadi sumber segala kreativitas. Selain itu puisi juga merupakan curahan isi hati seseorang yang membawa orang lain ke dalam keadaan hatinya.Baris-baris pada puisi dapat berbentuk apa saja (melingkar, zigzag dan lain-lain). Hal tersebut merupakan salah satu cara penulis untuk menunjukkan pemikirannnya. Puisi kadang-kadang juga hanya berisi satu kata/suku kata yang terus diulang-ulang. Bagi pembaca hal tersebut mungkin membuat puisi tersebut menjadi tidak dimengerti. Tapi penulis selalu memiliki alasan untuk segala 'keanehan' yang diciptakannya. Tak ada yang membatasi keinginan penulis dalam menciptakan sebuah puisi. Ada beberapa perbedaan antara puisi lama dan puisi baruNamun beberapa kasus mengenai puisi modern atau puisi cyber belakangan ini makin memprihatinkan jika ditilik dari pokok dan kaidah puisi itu sendiri yaitu 'pemadatan kata'. Kebanyakan penyair aktif sekarang baik pemula ataupun bukan lebih mementingkan gaya bahasa dan bukan pada pokok puisi tersebut.Di dalam puisi juga biasa disisipkan majas yang membuat puisi itu semakin indah. Majas tersebut juga ada bemacam, salah satunya adalah sarkasme yaitu sindiran langsung dengan kasar.Di beberapa daerah di Indonesia puisi juga sering dinyanyikan dalam bentuk pantun. Mereka enggan atau tak mau untuk melihat kaidah awal puisi tersebut.
 


Sebutkan dua keputusan hasil sidang pertama knip?

Jawaban 1:

Hasil sidang pertama Knip :
1. Mengesahkan UUD 1945
2. Memilih dan menetapkan presiden dan wakil presiden yang pertama
3. Menetapkan berdirinya Knip sebagai badan musyawarah darurat

Jawaban 2:

Bahwa Komite Nasional Indonesia Pusat :
- sebelum terbentuknya Majelis Permusyawaratan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat diserahi kekuasaan legislative dan ikut menetapkan Garis-garis Besar Haluan Negara

-pekerjaan Komite Nasional Indonesia Pusat sehari-hari berhubung dengan gentingnya keadaan dijalankan oleh sebuah Badan Pekerja yang dipilih di antara mereka dan yang bertanggung jawab kepada Komite Nasional Indonesia Pusat.


1. Apakah cerita pada anekdot itu betul-betul terjadi atau hanya rekaan? 2. seandainya cerita itu betul-betul terjadi, beranikah mahasiswa menjawab pertanyaan dosennya dengan tidak serius? 3. Singkatan KUHP pada anekdot diplesetkan. apakah maksud dan pesan teks yang dikandung? 4. Apakah sindiran itu sampai kepada yang dituju?

Jawaban 1:

1. sebagian besar rekaan. namun ada pula yg diambil dari kehidupan nyata namun diubah sebagian jalan certa.
2. kembali kepada mahasiswanya, berani atau tidak. jika berani apa salahnya dan apalagi jika dosennya baik hati
3. Ya, mungkin dikarenakan penjalanan proses KUHP yg kurang sesuai..
4. Jika yang dituju membaca, tentu. ia akan merasa tersindir walau tidak menampakkan perasaan itu :)


Buatkan 2 contoh soal pilihan ganda tentang kalimat koheren..

Jawaban 1:

Koherensi adalah keterkaitan antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya, sehingga kalimat memiliki kesatuan makna yang utuh . contoh: a) . buah apel adalah salah satu buah yang sangat tidak diragukan kelezatan rasanya. b) . untuk itu sangatlah penting untuk mengonsumsi buah apel. terima kasih.( contac person punya ku; 089620989672 )


Spesies, order, genus, phylum, class, family beserta ciri-ciri dan contoh dari kingdom monera ?

Jawaban 1:

Species      : Jenis
Ordo           : Bangsa
Genus         : Marga
Phyllum/Divisio : Keluarga Besar
Class          : Kelas
Famili          : Suku
Kingdom Monera : Bakteri dan Alga Biru

Maaf Contohnya Kurang tau....


Contoh teks anekdot tentang sampah disekolah?

Jawaban 1:

Anekdot tentang Lingkungan Sekolah
Anekdot tentang Lingkungan Sekolah
Suatu hari, diceritakan disebuah sekolah yang sangat terkenal dengan prestasinya namun tidak dibidang kebersihan dan lingkungan hidup. Saat itu di pintu gerbang sekolah...
Santi : “Eh Dil, menurutmu gimana sekolah kita ini kok kotor banget sih banyak sampahnya lagi. Hiiii.” (bergidik)
Dila    : “Iya San, mana sampahnya numpuk disudut sekolah, di laci meja. Kalau bisa mah aku panggil aja si Supermen, biar beralih profesi jadi tukang bersih-bersih haha.” (tertawa)
Santi : “Haha kamu bisa saja, mana mungkin si Supermen mau jadi tukang bersih-bersih. Udah yuk masuk kelas, bel sudah berbunyi.”
Setelah melaksanakan pembelajaran, bel istirahat pun berbunyi.
Santi : “Lama-lama tiap kali menangani masalah sama sampah itu kok sulit banget. Apalagi banyak juga yang buang sampah sembarangan, tidak mau membedakan mana sampah daun, kertas, maupun plastik.”
Dila    : “Kepala Sekolah juga sudah mencanangkan beberapa rencana namun tidak terealisasi juga.”
Santi : “Apa mungkin di ruang guru ada sampah juga??
”Dila    : “Aku tidak tahu pasti.”
Yono : “Hai semua. Lagi bahas apa nih serius amat.”
Santi : “Ini lagi bahas masalah penanganan sampah disekolah kita.”
Dila    : “Iya soalnya kita juga memikirkan solusi permasalahan ini. Kalau dibiarin nantinya sekolah kita jadi gunung sampah dong.”
Yono : “Gimana kalau kita membentuk organisasi lingkungan hidup aja. Gimana??”
Santi : “Nah aku setuju tuh. Dari mana dapat ide seperti itu??’
Yono : “Kebetulan aku punya temen, dia cerita sama aku kalau disekolahnya ada organisasi lingkungan hidup jadi sekolahnya selalu bersih dan indah.
Dila    : “Ooohhh..... Kalau begitu kita usulkan ke Kepala Sekolah. Gimana teman-teman.”
Yono dan Santi : “Setuju.” (berkata bersamaan)

Jawaban 2:

Salam Sejahtera bagi kita semua
Pertama-tama marilah kita mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha-Esa. karena kita masih di beri rahmat dan karunianya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat.
Bapak-ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan. Pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang “Menjaga Lingkungan Di Sekolah”. 

Teman-teman, ketahui bahwa lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup.Oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar kita dapat hidup dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan adalah menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil, tetapi terkadang sangat sulit dilakukan oleh kita.Contohnya adalah membuang sampah pada tempatnya.
Saat ini kesadaran untuk menjaga kebersihan di kalangan kita sebagai seorang murid sangatlah kurang. Dilihat dari lingkungan sekolah kita yang masih terdapat sampah yang berserakan, entah sampah plastik makanan-minuman, atau kertas. Padahal tempat sampah yang disediakan sekolah sudah memadai. Di setiap sudut sekolah terdapat tempat sampah, di dalam kelas pun terdapat tempat sampah. Namun tidak adanya kesadaran dari kita untuk membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud menjaga kebersiahan lingkungan sekolah kita.Selain membuang sampah pada tempatnya, kita juga dapat menjalankan piket kelas sebagai aksi menjaga kebersihan lingkungan di lingkup sekolahan. Dan biasakan memilah sampah sesuai dengan kelompoknya sebelum dimasukkan ke tempat sampah.
Jenis sampah dibedakan menjadi 3, yaitu:
1. Sampah Basah yaitu sampah yang mudah terurai dan membusuk,
contoh; sisa makanan, sayur dan buah-buahan, sampah kebun dan sampah dapur.
2. Sampah Kering yaitu sampah yang tidak bisa membusuk dan terurai secara alamiah,
contoh: kertas, kardus, plastik, tekstil, karet, kaca, kaleng, dll
3. Sampah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) yaitu sampah beracun dan reaktif yang sangat membahayakan kesehatan dan kehidupan organisme antara lain, baterai, cat, pestisida, sampah rumah sakit, dll.

Tetapi tempat sampah yang biasa disediakan hanya 2 jenis, yaitu sampah basah dan sampah kering.Tetapi pada akhirnya pemisahan sampah basah dan sampah kering tersebut akhirnya waktu dibuang itu disatukan kembali jadi sia-sia kita memila sampah basah dan sampah kering kalau pada akhirnya juga disatukan kembali. Hal ini harus ada kerjasama antara pemerintah dan sekolah untuk pembuangan sampahbasah dan sampah kering untuk mengurangi pencemaran lingkungan.
Sebagai penutup, saya hanya ingin menyampaikan pesan dari pidato saya dengan menyampaikan sebuah pepatah. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan ini saya berharap teman-teman peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersiahan.

semoga membantu


Apa pengertian percakapan secara umum?

Jawaban 1:

Percakapan adalah kegiatan yg dilakukan 2 orang atau lebih. dengan kata lain percakapab sama dengan berdialog.


Contoh teks anekdot dan analisisnya

Jawaban 1:

Setelah proyek milyaran selesai, seorang pejabat sebuah deparetmen kedatangan tamu konsultan yang merangkap menjadi kontraktor. (Abstrak) Konsultan : pak ada hadiah dari kami untuk bapak. Saya parkir di bawah, TOYOTA INNOVA (orientasi) Pejabat : kamu mau menyuap saya ya? Konsultan : sudah terima saja pak, nnti saya dimarahi komisaris kalau gak diterima Pejabat : saya tidak sudi!!! Konsultan : tapi pak.... Konsultan : yaudah bapak beli aja mobilnya, gimana..??? Pejabat : enak aja !!! Saya gak punya uang sebanyak itu tau!!! Konsultan : kalo gitu, saya telepon komisaris saya dulu.. (Krisis) Beberapa menit kemudian... Konsultan : kalo gitu bapak belinya Rp.10000 aja, gimana?? Pejabat : bener ya? Ok saya mau. Jadi ini kan bukan suap. :D pakai kwitansi ya :) Konsultan : tentu saja pak.. :) (Reaksi) Pejabat : yaudah ini duitnya.. / sambil mengeluarkan uang 50000/ Konsultan : ini pak kwitansinya / menyodorkan kwitansi/ Konsultan : maaf, ini kembalinya pak . /memberi uang 40000/ Pejabat : oh, tidak usah. Tolong kirim 4 mobil lagi ke saya ya. Konsultan : siap pak. Hehe :D (Coda)

Jawaban 2:

TANDA ORANG PINTAR “anak-anak tanda orang pintar apa?” guru bertanya “rajin baca dan nulis, bu!!!” jawab anak anak “bagus-bagus” puji guru “rajin nyontek bu” jawab amir “lah kok, gitu mir” tegur guru “buktinya kita nyontek buat kapal, ahirnya kita pintar buat kapal” betulkan, bu” “betul juga, kamu mir” jadi anak anak rajinlah nyontek” guru berkata “asiiiik, besok ulangan kita bisa nyotek” jawab anak anak gembira. “bukan, yang model itu” seru guru sambil megang jidat. 


buatlah teks negosiasi yang berisi pemecahan konflik yang terjadibuatlah teks negosiasi yang berisi pemecahan konflik yang terjadi antara pedagang di pasar kota dan pengelola pasar tersebut . pedagang diwakili oleh ketua paguyuban pedagang yang ada di pasar tersebut , sedangkan pengelola pasar diwakili oleh pimpinan pasar sendiri

Jawaban 1:

Ket : KPP= Ketua Paguyuban Pasar
PP= Pimpinan Pasar

KPP : "Selamat Pagi, Bu"
PP : " Pagi, Bu. Nama saya (......)" (Sambil berjabat tangan)lai digu
KPP: "Saya (......), ada yg bisa saya bantu?"
PP:"Maaf bu, saya mewakili teman-teman saya ingin meminta perluasan daerah kawasan pasar. Karena para pedagang kaki lima yg berada di pinggir jalan mulai digusur."
KPP:"Tidak bisa, bu. Karena anggaran yg pihak kami pinta dari para pedagang tdk dpt memenuhi untuk membuat perluasan daerah lagi"
PP;"Tapi bu, teman kami bisa kehilangan mata pencahariannya klw tidak ada perluasan di daerah tsb"
KPP:"Bagaimana kalw mulai besok tagihan kontrakan tempat wilayah dinaikan 10%?"
PP;"Sepertinya klw 10% terlalu tinggi bu"
KPP:"Yasudah, bagaimana klw 5%?"
PP:'baiklah bu, nanti saya akan emberi tahukan kepada tman2 sya"
KPP:"Baiklah bu, klw begitu kami akan mengusahakan utk melakukan perluasan daerah di kawasan pasar anda"
PP:"terimakasihbu, atas kerja samanya saya berharap perluasan daerah tsb dpt sgera dilaksanakan"
KPP:"Iya bu, sama2"
KPP:'Iya bu, saya juga berterima kasi, krna sy sudh diberi masukan"
PP:"Iya bu, saya pamit dulu. Selamat pagi"
KPP:Pagi"

Semoga membantu :)