Skip to main content

Kumpulan Bocoran Soal CPNS 2020 Terbaru dari Peserta Yang Sudah Tes SKD CPNS

Berikut kita kumpulin bocoran dari peserta yang Sudah melaksanakan Tes SKD CPNS 2020, mungkin ini membantu teman-teman yang mau ujian dan yang sudah ujian tetapi belum beruntung jangan berkecil hati, mungkin belum rejeky dan mari kita beri semangat yang lainnya untuk berjuang.

Puji Tuhan saya baru aja tes tadi Hasilnya TWK: 110, TIU :140, TKP: 148 Total 398.



TWK

Tadi aku dpt paket soal untuk TWKnya lebih ke pengamalan sehari-hari, tetapi lebih ke studi kasus..
tapi pengamalan pancasila tidak ada satupun yang keluar..
soal2nya lebih ke masalah bangsa saat ini yg dihubungkan dengan topik2 nasionalisme, pilar negara, integritas..seperti ada soal yg saya ingat, ttg generasi muda yang menggunakan batik manfaatnya apa??
Pilihannya
a. Untuk meningatkan devisa negara,
b. Untuk pertumbuhan ekonomi,
c. Untuk meningkatkan kualitas opsi d dan e aku lupa..

Paling banyak tadi tentang keberagaman antar agama, suku, dan ras bagaimana sikap anda terhadap hal itu..
Terus ada tadi tentang muhamad hatta...
ada juga soalnya tadi yang saya ingat tentang saat Indonesia baru merdeka semua wilayah belum bersatu, ada beberpa daerah yang masih belum bergabung dgn Indonesia..alasannya apa?
a. Karena ingin membangun negara sendiri,
b. Karena belum diakui statusnya opsi lain aku lupa

Untuk bahasa indonesia tadi ada 4 soal tentang sikap sosial dari narasi yg ditampilkan..
narasinya ada yg panjang smpe 10 baris ada yg hanya 5-6 baris.


TIU

Banyak tdi soal figural ada sktr 7 soal..5
soal figuralnya masih bisa ditebak. Tapi 2 lainnya agak susah..belum pernah saya liat soal figural seperti itu wkwk..polanya gak dpt.
Tapi tadi saya pilih yg paling mendekati aja.
Ada juga keluar deret angka, ada yang bilangannya sampe ribuan..
Ada juga ttg perhitungan cepat..
paling banyak perhitungan pecahan dan bilangan desimal..
Terus ada juga tentang soal kecepatan, jarak waktu, tapi opsinya bukan angka tpi diubah ke pernyataan. Jadi harus dianalisis.
Terus tentang logika analitik, soalnya tentang urutan tempat duduk, urutan dalam barisan, urutan makanan yg akan dihidangkan..tdi ada sktr 5 soal yg keluar kyak gtu..


TKP

Untuk tkp soalnya gak panjang2, cuma sktr 3-4 baris, tapi opsinya susah ditebak jawaban yg point tinggi yang mana..

Tpi aku jawab sesuai logika aja yang bisa dipraktekin langsung..
soalnya tadi plg banyak ttg sikap qt sebagai seorang pimpinan dan tanggapan kita tentang TI yang diaplikasikan ke kantor qt.
Jawabannya tuh hampir sama ssmua...tpi plh aja yg masuk diakal untuk dikerjakan..

Itu saja FR (Fiel Report) atau laporan lapangan saya waktu tes tadi..mdh2an teman2 semua bisa lulus SKD ya..

Dan yg plg penting saat tes harus fokus dan tenang dan jangan lpa berdoa, itu yg plg penting๐Ÿ˜‡

Assalamualaikum min. Saya mau share tentang tentang FR (Fiel Report) atau laporan lapangan saya di Pemkan Natuna Nilai saya TWK :100 TIU : 135 TKP : 148


TKP
Lebih mudah daripada tahun sebelumnya, sebaiknya kerjakan ini dahulu menghemat waktu.kurang dari 30 menit saya bisa selesai.

TWK

TWKnya malah kaya TKP, banyak nalarnya. Jadi harus lihat waktu. Banyak jawaban yg mirip2. Soal yg saya ingat

1. (Scara singkat) Menteri kelautan membom kapal asing. Hal ini dalan rangka.
ร€. Mematuhi peraturan internasional
B. Menjaga kekayaan negara
C. Hukum pidana
D dan E lupa.

2.Banyak bahasa Indonesia. Memang harus banyak baca EYD. Dan banyak baca2 tentang artikel, kalimat mana yg perlu diperbaiki mana yg tidak. Tanda baca dsb

3. Selebihnya banyak pengalaman kita aja min

TIU
1. Diawali dengan figural. Mulai dari yg mudah sampai jelimet
2. Lalu deret
3. Hitungan sederhana
4. Mencari jumlah pekerja.9 pekerja membuat baju dalam 1,2 bulan. Bila pekerja 27 berapa hari ?
5. Ada 4 org baris berbaris. Tentukan urutan
6. Ada 4 meja berhadapan. Tentukan urutan
7.ada meja bundar tentukan urutan
8. Ada pemutaran film tentukan urutan
9. Tentukan urutan parkir.
10. 2 are tanah seharga 170000. Berapakah harga 150m2
11. Silogisme standar

Semoga bermanfaat. Amin

Bersyukur, sudah ikut SKD. Nilainya juga, cukup memuaskan dapat Nilai 410. Terima kasih Admin dan teman2 di sini sudah membahas soalnya. Soal yang keluar tidak berbeda jauh dengan Soal yang di share di sini.


Saya ingat2, soalnya: Gak persisi Saya sampaikan di sini, soalnya Lupa, Saya kasih gambarannya saja.
1. Terkait dengan PANCASILA, mengenai masalah pengamalannya, sekitar 3 Soal yang keluar.
2. Terkait dengan UUD, Pasal Pasal ttg Pendidikan, kebudayaan dan pertahanan dan keamanan
3. Piagam Jakarta
4. Rumusan Bhineka Tunggal Ika
5. Lambang Lambang dalam Pancasila, urutkan dari sila 1 sd sila ke v
6. UU Otonomi Daerah
7. Yang bukan termasuk dalam Zaman Orde Lama
8. Peristiwa Bandung Lautan Api
9. Alasan awal portugis datang ke Indonesia
10. Yang bukan termasuk aturan Otonomi Daerah
11. Masa Reformasi
12. Yang termasuk kedalam penyimpanan UUD RIS

Kalau TIU:
1. Deret hitung
2. Hubungan x dan y
3. Silogisme yang typenya Beberapa
4. Persamaan variabel
5. Rumus Un
6. Rumus Ekonomi pake Substitusi gitu
7. Aritmetika
8. Persamaan Kuadrat
9. Nilai Angka Mutlak
10. Himpunan Gabung dan Irisan

Kalau TKP
1. Sikap dalam Rapat
2. Sikap kerja
3. Gotong Royong
4. Anti Apatis
5. Menghadapi Kepemimpinan
6. Peduli rekan kerja

dll....
Semoga membantu.
Saya Hanya kasih Gambaran, kemungkinan soalnya bakal berbeda namun konsepnya Saya rasa akan sama. Semangat yang belum ujian

Soal FR (Fiel Report) atau laporan lapangan TWK terbaru :

Tentukan sesuai sila keberapa masalah di bawah ini:
  1. Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial merupakan pengamalan Pancasila khususnya sila ke ?
  2. Menghilangkan politik dinasti merupakan contoh perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila , khususnya sila ke?
  3. Memakai perhiasan berlebihan dan barang mewah merupakan pelanggaran terhadap sila ke ?
  4. Dinda suka memilih milih teman dalam bergaul. Sikap Dinda sangat menyimpang dengan nilai nilai Pancasila , sila ke ?
  5. Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia. Pernyataan tersebut merupakan contoh pengamalan sila ke ?
  6. Membantu korban bencana alam, adalah pengamalan sila ke?
  7. Melakukan pembajakan baik karya tulis maupun karya seni berupa gambar atau musik milik orang lain merupakan pelanggaran terhadap sila ke?
  8. Membangun pabrik yang mana limbah dari pabrik tersebut justru merusak lingkungan masyarakat sekitar merupakan pelanggaran sila ke ?
  9. Ardi mendaftar untuk menjadi salah satu relawan PBB yang siap dikirim keluar negeri untuk misi bantuan kesehatan daerah terdampak konflik. Sikap Ardi merupakan pengamalan sila ke?
  10. Memakai baju batik dan ikut menyaksikan acara pelestarian budaya pada kegiatan 17 Agustusan merupakan pengamalan sila ke?
  11. Ikut gotong royong dalam membantu proses pembangunan sarana tempat ibadah agama lain merupakan wujud pengamalan sila Pancasila khususnya sila ke?
  12. Menghormati hak orang lain merupakan contoh pengamalan sila ke ?
  13. Melindungi segenap tanah air dan bangsa Indonesia merupakan kewajiban negara yang berkenaan dengan pengamalan nilai Pancasila, khususnya sila ke?
  14. Pemberian hari libur nasional pada saat hari raya keagamaan adalah salah satu perwujudan sila dalam Pancasila , khususnya sila ke?
  15. Membela kebenaran merupakan sikap positif yang sesuai Pancasila , sila ke?
  16. Rian ikut pemilihan ketua OSIS bersama Tika dan Laras. Hasil pemilihan ketua OSIS menempatkan Laras sebagai pemenang dan berselisih 5 suara saja dengan Rian. Rian tidak terima dengan hasil tersebut dan menuding pihak Laras telah melakukan kecurangan. Padahal kenyataannya pemilihan berjalan adil, hanya karena gengsi dikalahkan oleh seorang wanita yang membuatnya tidak menerima keputusan. Sikap Rian bertentangan dengan Pancasila khususnya sila ke?
  17. Rapat RW dalam rangka pembagian jadwal ronda malam telah selesai dilakukan dan semua warga yang hadir menyetujui hasil rapat. Pak Beni kebagian jadwal Ronda pada Senin malam. Namun pada Senin malam tersebut Pak Beni tidak ikut ronda dengan alasan ingin pindah sift ronda menjadi Kamis malam. Sikap Pak Beni yang tidak menghargai hasil rapat RW tersebut merupakan pelanggaran Pancasila khususnya sila ke ?
  18. Berkendara melawan arah dan tidak dilengkapi dengan surat kendaraan merupakan pelanggaran terhadap sila Pancasila, khususnya sila ke?
  19. Ikut menjadi kelompok separatis merupakan tindakan pelanggaran Pancasila khususnya sila ke?
  20. Dalam seleksi CPNS 2019 Bunga ditawari bantuan oleh seorang yang mengaku bisa membuat Bunga lulus menjadi CPNS dengan memberikan sejumlah uang. Bunga tertarik dan memberikan uang tersebut sebagai imbalan atas ni at orang tersebut meluluskan Bunga menjadi CPNS . Sikap Bunga merupakan pelanggaran terhadap Pancasila , khususnya sila ke?

Beberap soal yang saya ingat, untuk Anda yang mau Ujian
1. Pengamalan sila ke 4 (Opsinya tdk ada kata kunci sebagaimana bunyi sila ke-4)

2. Ada studi kasus, jika kamu melihat ada siswa A yang membuly temennya gara2 berbeda. Apa yang kamu lakukan?
a. Lapor guru trs dilanjutkan ke BK
b. Mendukung teman yang membuli
c. Membiarkan saja
d. Memberi tahu bahwa membuli itu tidak boleh dan selayaknya kita harus memperlakukan teman secara sama

3. Kamu pertama kali melihat ibadah temanmu yang selama ini belum pernah kamu lakukan. Apa yang akan kamu lakukan ....

4. Jika musafir A, berhenti dr bus untuk solat di daerah X. Kemudian pwnjaga mengusirnya gara2 si A tdk warga X. Maka hal tersebut penyimpangan dari nilai Pancasila Karena....

5. Selebihnya pengamalan sila

TIU
1. Figuralnya banyak sekali, klo ndak salah 10
2. Operasi campuran Alhamdulillah dapet soal TIUnya lbh mudah dr pd latihan selama ini.

TKP
Sama seperti umumnya Diajak menjadi manusia yang bijak Kisi kisinya:

TWK:
pasal uud, sejarah proklamasi kemerdekaan, pancasila dan isi yg terkandung, politik, pertahanan, pemerintahan.

Tiu:
hitungan (perkalian, desimal, persen, pembagian, tmbahan, perkurangan), hitung deret, sinonim akronim antonim, gambar logika, hitung logika bercerita

Tkp: cara fikir anda mengambil keputusan (paling mudah bila kita klo kita berfikiran bijaksana dan dewasa) Dah selamat belajar. Yakin bikin lelah sehabis ujian krna mikirnya hehe. Perbanyak doa saja. Krna apapun yang terjadi balik lg atas izin Allah SWT.

Triknya yg saya lakukan adalah : Kerjakan dahulu TKP karna tiap jawaban ada bobotnya, stelah itu kerjakan TIU karna passing gradx lebih tinggi dari TWK.

*Kunci mengerjakan TKP: harus baca cepat klw soal yg masih membingungkan lewatkan saja dulu.
Soal TKP : banyak yg berkaitan dgn perintah atasan bgmana kita menyikapinya, terus dalam rapat ada 2 org yg saling bertengkar akibat perbedaan pendapat sehingga posisi kita harus bagaimana, selain itu kita disuruh oleh ketua tim utk melakukan sesuatu pekerjaan yg bukan sesuai bidang kita, tdk mungkin kita menolaknya pasti ada cara terbaik. Itu soal dari saya ttg TKP msing2 lebih dari 2 soal.

*Kunci mengerjakan TIU: Lewatkan semua soal yg ada cakarannya, kerjakan dahulu soal penalaran, silogisme, deret angka, antonim, persamaan kata, baru mengerjakan yg ada cakarannya.

TIU: silogisme menanyakan penarikan kesimpulan ada kata semua & beberapa/ sebagian, otomatis penarikan kesimpulan Sebagian....... Ada dalam 1 soal campuran operasi hitungnya misalnya : 8 + 2 3/4 X 0,5 - 3 = ........ Ada 3 soal sperti itu yg sya dapat, yg perlu diingat perhatikan operasi hitungnya karna x dan : lebih kuat dari + dan - jadi kerjakan dahulu yg lebih kuat. Terus ada lagi soal yg tentang persamaaan yg nilai X dan Y, apakah jawabannya X lebih kecil dari Y, lebih besar dari Y atau X = Y.

Belajar juga soal kecepatan rata2 km/jam, satuan gram dan kuintal juga sempat ditanyakan. Intinya lewatkan dulu soal yg dianggap sulit.

Sekarang kita berlanjut ke TWK.
*Kunci mengerjakan TWK tetap kerjakan dulu soal yg muda lewati klw soal yg masih dianggap susah. Ujian sore tadi utk pasal2 dlm UUD 1945 tdk ditanyakan. Belajar pengamalan pancasila dlm kehidupan sehari2... ada juga menggunakan produksi dlm negeri termasuk pengamalan sila ke (sila ke 3).

Belajar ttg persiapan kemerdekan indonesia, BPUPKI & PPKI. Belajar bnyak ttg Nasionalisme, Empat pilar negara. Pancasila sebagai Dasar negara, ideologi, falsafah, pandangan hidup bangsa, masing2 fungsinya sebagai apa & penerapannya sprti apa. Salah satu contoh bentuk musyawarah dalam panitia kecil utk merumuskan dasar negara adalah...

Utk TWK dlm Bahasa Indonesia bacaan lumayan panjang jadi tdk perlu baca semuanya cukup baca sepintas dan intinya saja, sya dpt TWK Bahasa Indonesia ada 4 soal, dari 4 soal tersebut semua pertanyaannya sama yaitu bunyinya soalnya apa nilai sosial yg terkandung dlm bacaan tersebut ? Setelah itu lanjutkan kembali soal yg blm dikerjakan atau dianggap sulit tadi.

Jujur sya juga kurang waktu karna masih ada 5 nmr soal TIU yg blm isi tapi Alhamdulillah lulus Passing Grade. Bila ada soal sya sdh tdk mampu dikerjakan apalagi waktu udah habis terpaksa jawaban pakai tebakan tapi sambil berdoa spya benar jawabannya. Jadi setiap nomor soal harus di jawab yah, ngga boleh lepas kosong. Itu saja yg dpt sya bagikan, smoga bermanfaat bwt tmn2 semua. Mohon maaf kalau ada kekurangannya Salam Pejuang CPNS.

Semangat๐Ÿ’ช SEMOGA MENCAPAI PG & LOLOS SKD. AMINN..๐Ÿ˜Š๐Ÿ™
TWK
1. Soalnya kebanyakan tentang penerapan pancasila, gk terlalu sulit kok bisa dinalar
2. Ada soal yg gini, sarekat Islam sejak tahun ....( Lupa) Mempunyai pengikut yg banyak dikarenakan ....(optionnya lupa)
3. Sejak amandemen, banyak lembaga negara yg terbentuk, Hal itu karena ....
4. Kedudukan president pada Masa konstitusi RIS adalah sebagai...
5. Dalam UUD disebutkan bahwa MPR berhak menurunkan president/wakil presiden, Hal ini menunjukkan bahwa....
6. Diberikan beberapa macam pernyataan, kemudian Ada tokoh Indonesia Sapa ya lupa, disuruh nyebutin peranan yg sesuai dg tokoh itu apa aja
7. Soal2 l yg menyebutkan ini pasal berapa ndak Ada blas
8. Bhs Indonesia nya, Ada cerita disuruh nentuin ide pokoknya apa
9. Bhs Indonesia, Ada cerita panjang disuruh nentuin ringkasannya apa
10. Kata2 yg sesuai EYD apa Hem..apa lagi ya lupa ๐Ÿ˜

TIU
1. Perhitungan pecahan Dan desimal
2. Perbandingan senilai
3. Deret angka (sederhana ndak rumit)
4. Gambar2 yg sesuai pola yg Mana (Ada sekitar 6 soal)
5. Gambar yg tidak se ide dg yg lainnya yg Mana (sekitar 4 soal)
6. Diberikan 2 pernyataan , kesimpulannya gimn (Ada sekitar 3 soal)
7. Ada beberapa bahan makanan disusun parallel sejajar 2 Tak, susunan yg mungkin adalah...
8. Ada 6 orang duduk dimeja bundar, dg urutan2 yg diberikan disoal, disuruh nentuin anak yg datang terlambat duduknya dimn

TKP
Menurutku ini yg lumayan sulit, bahasanya tidak biasa, jadi butuh konsentrasi tinggi disini. Jadi saran, jangan Mengerjakan TKP di akhir karna konsentrasi akan buyar liat sisa waktu, sementara baca soal nya butuh konsentrasi karna itu tadi bahasanya tidak biasa seperti soal2 yg sudah Ada. Soalnya ini tadi kebanyakan tentang kepemimpinan

Soal tes cpns
1. Pengamalan sila2 pancasila dalam kehidupan sehari2, keluarga masyarakat, pekerjaan, dll.
2. Amandemen uud 1945 terkait pemberian grasi oleh presiden yg membutuhkan persetujuan MA
3. Mekanisme pemilihan hakim MK
4. Fungsi dan wewenang kelembagaan DPD
5. Bbrp bab tentang amandemen uud 45 (lupa pasal nya)
6. Sidang BPUPKI
7. Bab tentang bela negara
8. Bab tentang pembuatan Undang Undang

TIU
1. Gambar2 gak jelas
2. Soal pecahan campuran + pecahan campuran = bilangan desimal
3. Soal perkalian bilangan bulat dg campuran dijumlahkan dan pengurangan (wes pokoke ngunu lah) pusing bos
4. Soal ttg logika misal ada orang duduk melingkar si a disebelah b dst terus pertanyaane si c duduk disamping siapa
5. Masih logika nyusun atau urutan misal td aku dikasih soal susunan buku di rak, terus ditanya ttg itu
6. Silogisme misal: peserta lomba debat g ada yg ikut rapat, semua anggota tim kedisiplinan, kesimpulan nya ....
7. Duri : mawar = ikhlas : ....

TKP
1. Soal ttg sikap 2 profesionalisme kerja
2. Soal ttg sikap kerjasama tim
3. Soal ttg Permasalahan yg berkaitan dg Teknologi informasi.

soal TKW (30 soal) sama TIU (35 soal) jawaban benar nilai 5, salah 0, tidak diisi 0

soal TKP g ada jawaban benar atau salah. Tp tiap jawaban ada poin nya, paling tinggi 5 poin, terendah satu poin.

Pemkot Malang, 1 Feb 2020

  • Perdalam semua aja, jangan kemakan FR (Fiel Report) atau laporan lapangan yg cuma ngandalin di butir2 pancasila..
  • ✔️Saya nggak keluar butir2 pancasila mbaak.. UUD semua malah akuu
  • Tapi bukan tanya ini pasal berapa ini pasar bwrapa
  • Kenapa pasal ini diamandemen, keterkaitan pasal ini sama pasal ini apa, kenapa kok mpr bisa berhentikan presiden, kenapa kok dpr bisa berurusan sama bpk gitu2
  • Jangan dihapalin gaes, dipahami
  • Tadi banyak yg twk dibawah pg.
  • TIU gausah kawatir, gampang bgt..
  • Figural lumayan banyak
  • Pecahan desimal akar, soal cerita juga gak rumit

FR (Fiel Report) atau laporan lapangan dari teman cuma bilang geometrik, aritmetika, rumus berpapasan dan juga Aljabar (untuk soal lengkapnya tidak ingat betul)


Keluar di Ujian...

Saya buatkan soal ceritanya, soalnya beda yang penting konsepnya sama ya...

1. Doni mengendarai sepeda dari rumahnya ke rumah Hendrik, dengan jarak tempuh 36 km.
Yusuf mengendarai sepeda dari rumahnya ke rumah Hendrik, dengan jarak tempuh 25 km. Rumah Yusuf berada setelah Rumah Doni dan sebelum Rumah Hendrik.
Hendrik mengendarai sepeda menuju rumah Doni. Di tengah perjalanan, Hendrik beristirahat sejenak selama 10 menit.
Kecepatan Doni, Yusuf dan Hendrik berturut-turut adalah 32 km/jam, 20 Km/Jam dan 24 km/jam. Jika Doni berangkat pukul 12.00, Yusuf berangkat pukul 11.50 dan Hendrik berangkat pukul 12.15, maka siapa yang akan bertemu/ berpapasan terlebih dahulu?

2. Ada Sebuah amoeba membelah diri menjadi 3 setiap 6 menit, berapakah jumlah amoeba setelah satu jam jika awalnya terdapat hanya 2 amoeba .cari dan hitunglah suku Un jumlah amoeba tersebut !

3. Keuntungan seorang pedagang bertambah setiap bulan dengan jumlah yang sama. Bila keuntungan sampai bulan keempat 30 ribu rupiah, dan sampai bulan kedelapan 172 ribu rupiah, maka keuntungan sampai bulan ke-18 adalah

4. Pak Doni Yusuf Permana melakukan sebuah perjalanan keluar kota. awalnya ia mengendarai motor selama 3 jam dengan kecepatan rata-rata (2x - 5)km/jam. Setelah itu pak Doni melanjutkan perjalanan dengan menaiki bus selama 4 jam dengan kecepatan rata-rata (5x + 8) km/jam. Maka tentukanlah nilai x apabila jarak yang ditempuh adalah 329km?

Kumpulan FR Soal TWK CPNS 2020 Bagian I (34 halaman)

Kumpulan FR Soal TWK dan TIU CPNS 2020 Bagian II (17 halaman)


Nantikan perkembangan Kumpulan Bocoran Soal CPNS 2020 Terbaru dari Peserta Yang Sudah Tes SKD CPNS ini beberapa saat lagi, dan silahkan dibagikan kepada teman atau grup-grup pejuang CPNS yang lain. Tidak usah takut saling berbagi bocoran soal, karena USAHA TIDAK MEMBOHONGI HASIL.

SEMANGAT ๐Ÿ’ช SEMOGA LULUS PASSING GRADE SKD, LULUS SKB, LULUS CPNS ๐Ÿ™ MENJADI ABDI NEGARA

Comment Policy: Silahkan disampaikan kepada kami admin jika keberatan terhadap penayangan artikel "Kumpulan Bocoran Soal CPNS 2020 Terbaru dari Peserta Yang Sudah Tes SKD CPNS" ๐Ÿ˜Š Atas pengertiannya kami ucapkan terima kasih